Sabtu, 22 September 2012

Penerimaan Calon Anggota Tahun 2012

Selamat datang mahasiswa baru! Selamat karena kalian sudah resmi menjadi mahasiswa seutuhnya karena ospek telah kalian lalui. Kini tinggal kalian persiapkan diri untuk menggali ilmu sedalam-dalamnya di IST AKPRIND ini. Namun perlu diingat kembali, tidak hanya ilmu secara akademis yang perlu kalian gali, namun softskill yang sudah ada di dalam diri kalian juga harus dikembangkan. Caranya gimana? Caranya tentu saja dengan aktif berorganisasi dengan mengikuti UKM atau Himpunan Mahasiswa Jurusan kalian masing-masing.

Banyak sekali UKM yang ada di IST AKPRIND, UKM kewiraannya saja ada lima. Nah bagi kalian yang memang tertarik untuk mengembangkan softskill dengan cara yang berbeda yaitu melalui jalur kewiraan, kami Satmabhara siap merangkul kalian semua. Dengan kata lain Satmabhara kini membuka pendaftaran calon anggota baru tahun 2012 atau Pleton selanjutnya yaitu Pleton 33.

Kenapa masih ragu kawan? Satmabhara adalah salah satu UKM kewiraan yang dibimbing langsung oleh POLDA DIY. Kelebihan kami dari UKM lain yaitu kamu mempunyai MOU (Memorandum of Understanding) atau surat perjanjian kerjasama dengan Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh karena itu mengapa Satmabhara bisa langsung dibimbing oleh POLDA DIY. Dengan adanya MOU ini banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh Satmabhara. Terutama yaitu Satmabhara mempunyai fungsi yang sangat luas khususnya di bidang kepolisian.

Anggota Satmabhara bisa mendapatkan pengetahuan kepolisian terbatas seperti:

  1. Narkoba (Selain tahu kalian juga bisa jadi penyuluh lho)
  2. Lalulintas
  3. SAR (Search and Rescue)
  4. Binamitra
  5. Intelkam, dll.
Anggota Satmabhara lahir dengan seleksi yang ketat, hal ini menunjukkan bahwa Satmabhara tidak menerima anggota dengan sembarangan. Namun disinilah letak kalian sebagai mahasiswa baru untuk mencoba bagaimana rasanya jika kalian besok melamar pekerjaan. Adapun syarat administrasi yang diperlukan yaitu:

SYARAT ADMINISTRASI
  1. Telah mengisi formulir pendaftaran dan surat pernyataan.
  2. Mengumpulkan pas foto 3x4 sebanyak 2 lembar
Formulir pendaftaran bisa kalian dapatkan dengan datang langsung ke markas komando Satmabhara dan meminta kepada anggota yang sedang bertugas saat itu pada jam kerja. Setelah kalian mengisinya dan menyiapkan pas foto kalian, dapat dikumpulkan kembali di markas, mudah bukan? Setelah kalian melengkapi administrasi, selanjutnya kalian akan dihadapkan dalam runtutan tes untuk mengetahui potensi yang ada di dalam diri kalian, tesnya sebagai berikut:

Tes tertulis dan psikotes
Tes ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan umum kalian berkaitan dengan sebesar apa nasionalisme kalian itu. Kemudian psikotes sendiri yaitu untuk mengukur aspek individu secara psikis. Ini sangat penting karena untuk mengetahui karakter kalian dan poteni yang ada di dalam diri kalian.

Tes Fisik
Tes ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan fisik kalian. Hal ini penting karena porsi latihan besok setelah kalian menjai anggota dapat disesuaikan dengan kemampuan fisik kalian masing-masing sehingga tidak terjadi pemforsiran yang mungkin mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.



Tes Wawancara
Tes ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana minat kalian untuk masuk Satmabhara. Selain itu tes wawancara juga sama fungsinya dengan psikotes. Pada tahapan ini kalian akan diwawancarai oleh:
  1. Anggota senior
  2. Dewan kehormatan dan purnabakti
  3. Kepala dan Wakil kepala satuan
  4. Pembimbing dari POLDA DIY
  5. Pembimbing SATBRIMOB

Tes Kesehatan
Tes ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal medis berkaitan dengan keadaan tubuh kalian. Penting sekali karena tubuh manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang dapat dilihat dari ciri-ciri tubuh kalian masing-masing. Selain itu juga dalam tes kesehatan ini kita dapat mengetahui potensi-potensi sakit sehingga dapat dicegah di kemudian hari. Tes kesehatan ini dilaksanakan di BID DOKKES POLDA DIY.

HUBUNGI LANGSUNG SATGAS PENCATA 2012
MUKHSONI: 085768443129

"Bergabunglah dengan kami, dan menjadi salah satu mahasiswa Bhayangkara yang berdedikasi tinggi, loyal dan berjiwa ksatria."