Minggu, 09 September 2012

Tumbuhkan Semangat Hidup


Sebenarnya apa sih makna hidup ini? apa sih tujuan hidup ini? Pertanyaan itu senantiasa keluar jika sudah penat rasanya menghadapi segala aktivitas sehari-hari yang memuakkan. Kita merasa jatuh pada suatu kotak dan berada di dalamnya, persis seperti katak dalam tempurung. Bukannya saya mengatakan anda 'gak gaul' atau kurang wawasan seperti katak yang tidak bisa melakukan apa-apa di dalam tmpurung yang terbalik. Tetapi tempurung itu bisa dikatakan juga sebagai rutinitas kita sehari-hari. Rutinitas sangat membosankan, rutinitas adalah segala sesuatu yang kita lakukan terus-menerus setiap hari dalam jangka waktu yang panjang. Jika sebagai pelajar kerap kali merasakan kejenuhan belajar di sekolah. Untuk para pegawai kantoran, tidak jauh beda kasusnya. Intinya merasakan kejenuhan dalam hidup ini. Jenuh hidup? Mati saja, tetapi bukan itu cara menyelesaikannya.
Dalam wacana ini saya ingin menyampaikan hal yang sangat penting, yaitu JANGAN PERNAH JENUH TERHADAP HIDUP ANDA. Kejenuhan dalam menjalani hidup yang penuh dengan rutinitas, tekanan, dan masalah dapat berakibat stres! Sebelum gelombang stres melanda anda pun pasti sudah ada tanda-tanda yang bisa anda perhatikan sebagai akibat dari kejenuhan anda, seperti: semangat yang menurun, turunnya kualitas hasil, turunnya kualitas hidup dan tentunya masih banyak lainnya. Hindarilah kejenuhan anda ini dengan sedikit memperhatikan asupan energi positif yang bisa anda masukkan ke dalam otak anda.

Curhatlah
Mulailah dengan membuat janji makan siang dengan rekan kerja. Makan siang seharusnya menjadi istirahat yang tepat dengan makanan yang lezat bersama teman untuk berbagi cerita. Walaupun waktu yang dirasa mungkin kurang, tetapi jangan hanya mengeluh saja. Buatlah acara makan siang dengan perbincangan yang enteng. Bisa juga berbagi cerita soal kerjaan, walaupun sering kali ada penolakan seperti ini contohnya: " please deh, jangan ngomongin soal kerjaan. that's enough!", tetapi sesungguhnya bisa berbagi keluh kesah dalam menjalankan pekerjaan anda dapat meringankan beban pikiran. Minimal anda sudah menceritakannya, dan ada yang mendengar. Lebih baik lagi jika ada solusi pemecahannya, apalagi dengan selingan-selinagn lucu seperti menyindir atasan yang galak bisa menimbulkan rasa yang menyenangkan dan tentu saja menghibur.

Manjakan Diri
Keselarasan keadaan jiwa dan raga dengan ukuran berat pekerjaan adalah sesuatu yang penting. Jika memang anda selalu menghadapi tekanan, masalah, atau hal yang lain yang menyiksa diri anda setiap harinya, saya ingatkan lagi pada anda supaya jangan mengeluh. Hidup ini tak bisa lepas dari adanya masalah yang selalu datang dan pergi. Terima pernyataan saya itu dan mulailah untuk mencoba membagi waktu untuk otak anda memikirkan masalah dan waktu untuk istirahat. Selain itu raga anda juga perlu istirahat. Maka mulai sekarang perhatikanlah waktu untuk anda bisa beristirahat. Tulis dalam jadwal anda dan mulailah juga untuk memikirkan bagaimana cara anda untuk menikmati saat-saat santai anda itu. Bisa dengan memanjakan diri anda, caranya? Terserah anda sendiri. Take ur time to relax.

Ingatlah
Jika memang kembali lagi rasa jenuh anda menghantui di sela-sela pekerjaan, maka selalu ingatlah untuk siapa anda melakukan semua ini. Untuk siapa? untuk apa? ingat-ingatlah kembali orang-orang yang anda cintai, ingatlah bahwa semua yang anda lakukan ini demi mereka. Minimal apa yang anda kerjakan sekarang ini untuk anda sendiri, atau juga untuk masa depan. Ingatlah ompian-impian anda saat pertama kali memutuskan untuk bekerja pada posisi anda sekarang ini. Dengan mengingat apa tujuan rutinitas ini anda lakukan, semangat yang dulu mati suri bisa berkobar kembali.

Motivasi
Ada banyak tokoh yang berperan dalam kehidupan ini. Ada banyak sosok yang menginspirasi jutaan manusia. Ada banyak lagu yang mengubah dunia. Ada banyak buku bestseller yang mengubah pandangan setiap insan. Ada banyak motivator yang berapi-api menyebarkan semangat. Ada banyak sekali kata-kata mutiara yang telah menyentuh hati yang terdalam.
Kenapa anda tidak mencari motivasi diri anda supaya bisa melakukan lebih, lebih, lebih, dan lebih lagi untuk hidup anda?

Ingat juga seluruh rutinitas itu adalah sesuatu yang menopang hidup anda. Anda bekerja untuk mendapat uang sehingga bisa menyukupi seluruh kehidupan anda dan keluarga kan? Jadi jangan sampai kejenuhan itu datang pada anda. Disinilah terbukti semangat dapat membuat anda tetap hidup.

Foto: gayahidup.plasa.msn.com
Sumber: andrianusps.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan yang bersifat positif dan membangun, Terimakasih.