Minggu, 09 September 2012

Emailmu Itu Penting!!!



Bermula dari banyaknya teman-teman yang datang kepada saya untuk minta tolong membenarkan akun facebooknya atau yang lainnya, kini saya ingin memeberikan suatau informasi yang cukup penting mengenai pentingnya suatu akun email. Apa saja sih hal-hal yang menyangkut akun email tuh? kan akun email cuma buat kirim email. Sebenarnya lebih dari itu lho! Jadi simak baik-baik artikel ini jika kamu ingin terhindar dari kehilangan akun-akunmu yang lain dan menjadi korban cybercrime.

Private
Dalam dunia maya, atau yang kita sebut internet, email seperti nomor handphone. Bagaimana jika kamu dimintai nomor handphone oleh orang yang belum kamu kenal? Tentu saja akan berpikir dua kali karena sifat dari nomor telpon itu bagi kebanyakan orang sangat privat atau privasinya tinggi lah. Sama halnya dengan email, jika kamu masih belum menganggap emailmu itu private atau sangat besifat pribadi, mulailah untuk menganggapnya sebagai privasimu. Bagi yang sudah aktif menggunakan email ini seperti layanan sms pada handphone mungkin sudah menyadari hal ini. Bahkan ancaman yang datang akan lebih besar ketika kamu memberikan alamat emailmu daripada memberikan nomor handphonemu kepada orang yang belum kamu kenal. Kok bisa gitu??

Akun Basis
Bagi saya akun email adalah akun basis. Karena akun email yang kita buat secara langsung akan terhubung dengan semua akun jejaring sosial, jasa berbagi-pakai file, jasa SEO, bahkan akun Pay-pal dll selama kita mendaftar dengan email tersebut. Kehilangan akses dari satu jejaring sosial saja mungkin sudah bikin kita pusing, bagaimana kalau sudah kehilangan akses dari satu akun Pay-pal? Bisa dibayangkan jika kamu aktif belanja online dan tiba-tiba menyadari rekeningmu sudah dikuras oleh seseorang yang wujudnya saja tidak diketahui.

Selain itu jika ada suatu peringatan penting seperti adanya perangkat yang mencoba mengakses akun anda di facebook contohnya, maka akan ada pemberitahuan melalui emailmu. Facebook akan meminta verivikasi bahwa perangkat itu berbahaya atau tidak bagi kamu. Kalau kamu kehilangan akun emailmu pada saat-saat genting seperti ini, bisa dipastikan kamu bakal segera kehilangan akses dari facebookmu sendiri.

Usahakan Aktif
Satu kesalahan besar para penjelajah dunia internet yaitu tidak aktif menggunakan email yang sudah mereka buat. Akun email yang sudah dibuat kadang tidak digunakan dan jarang dibuka, alhasil jika tidak dibuka 3-4 bulan lamanya (tergantung kebijakan dari penyedia jasa email) akan dinonaktifkan oleh sang penyedia email. "Lah gak dipakai kok, ngapian diaktifin? Menuh-menuhin database aja!" kata google atau yahoo (misal). kalau tidak aktif gimana? ya kamu tidak punya email, jadi semua jejaring sosial dan web web dimana kamu punya akun dengan emailmu itu seperti balon diatas angin yang tidak diikat, terbang kesana kemari menunggu orang lain untuk menangkapnya.

Semoga dengan sedikit penjelasan dari saya, kalian dapat mengambil makna bahwa "wah email tu ternyata penting ya...". So keep your surf safe and secure..
Salam.

Foto: mjcoolz21.blogspot.com
Sumber: andrianusps.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan yang bersifat positif dan membangun, Terimakasih.