Senin, 19 Juli 2010

VISI MISI SATMABHARA





VISI SATMABHARA


Sat Mabhara yang menjadi salah satu perpanjangan tangan dari Kepolisian Republik Indonesia yang juga harus mampu melindungi mengayomi dan melayani masyarakat dan sebagai mahasiswa yang merupakan agen of change harus mampu mengedepankan segala bidang keilmuan yang dimilikinya untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat demi terciptanya pembangunan yang adil merata dan berkesinambungan. Menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban serta mewujudkan keamanan dalam negeri dalam suatu kehidupan nasional yang demokratis dan masyarakat madani yang sejahtera.



MISI SATMABHARA


Berdasarkan uraian Visi sebagaimana tersebut di atas, selanjutnya uraian tentang jabaran Misi Satmabhara kedepan adalah sebagai berikut :


  1. Turut memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat (meliputi aspek security, surety, safety dan peace) sehingga masyarakat bebas dari gangguan fisik maupun psykis, sebagai bantuan tenaga bagi kepolisian.
  2. Memberikan bimbingan kepada masyarakat melalui upaya preemtif dan preventif dalam hal kesadaran berhukum, sebagai warga Negara yang baik.
  3. Mengabdikan diri secara ikhlas demi kesejahteraan masyarakat dengan turut membantu pembangunan lewat aplikasi segala bidang ilmu yang dimilikinya.
  4. Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.
  5. Mengelola sumber daya manusia Satmabhara secara profesional dalam mencapai tujuan dan cita-cita membawa bangsa menjadi kuat dan bersaing dengan negara maju.
  6. Meningkatkan upaya konsolidasi kedalam (Internal Satmabhara) sebagai upaya menyamakan Visi dan Misi SatMabhara kedepan.
  7. Memelihara soliditas institusi Satmabhara dari berbagai pengaruh external yang sangat merugikan organisasi. 




Sasaran :


Dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Satmabhara pada kurun waktu tahun 2006 - 2010 yang akan datang ditetapkan sasaran yang hendak dicapai adalah :


Bidang Kamtibmas:

  1. Tercapainya situasi Kamtibmas yang kondusif bagi penyelenggaraan Pembangunan Nasional.
  2. Tercapainya kerjasama dengan kepolisian dalam bidang keamanan dan ketertiban, dengan tujuan terciptanya masyarakat yang harmonis dan manfaat lewat pemanfaatan ilmu dan teknologi.

Bidang Kesejahteraan Masyarakat:

  1. Tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Terciptanya pemimpin yang mengabdi kepada Nusa dan Bangsa dengan berlandaskan pada Pancasila UUD 1945 demi Kemajuan Negara Republik Indonesia.
  3. Terciptanya sarjana-sarjana yang bermutu, menguasai teknologi, dan mampu bersaing dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan Lingkungan hidup.
  4. Dengan penanaman Jiwa Patriotisme dan Nasionalisme yang tinggi agar mampu membawa Negara menjadi Negara maju dan tetap mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Filosofi :


Disimak dari nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila, UUD 1945, dan Panca Dharma Setya Wiratama Satuan Mahasiswa Bhayangkara sebagai abdi masyarakat dan Negara wajib menciptakan dan menjaga kesinambungan fungsi bangsa sebagai penggerak dan pencipta kemajuan masyarakat.